-->

Tips Android Yang Wajib Diketahui Pengguna Android

- Kini Android sudah banyak dipakai oleh para pengguna smartphone. Selain banyaknya smartphone Android dengan harga yang lebih murah, alasan para pengguna Android juga lebih gampang untuk diutak-atik ketimbang Iphone.


Tetapi, banyak pengguna Android yang tidak mengetahui cara memakai smartphone-nya dengan baik. Maka dari itu, simak saja kumpulan tips Android dibawah ini. Dan juga tidak perlu untuk me-root atau pun gunta-ganti Custom ROM untuk melaksanakan tips ini. 

Tips Android tanpa Root

1. Menyembunyikan File dan Aplikasi tanpa Aplikasi Lain

Jika teman ingin menyembunyikan file dan aplikasi tanpa aplikasi lain, di Android Lollipop ke atas tentunya teman sanggup melaksanakan tips yang satu ini. Sobat hanya tinggal menciptakan Guest Mode atau mode lainnya, dan semua file dan aplikasi teman akan aman.



2. Mengambil Screenshot tanpa Menekan Tombol

Jika teman ingin melaksanakan screenshot tanpa menekan tombol, teman sanggup menginstal aplikasi yang berjulukan Screenshoot Crop & Share. Sobat sanggup mendownloadnya DISINI.


Instal aplikasi ibarat biasa, kemudian aktifkan dan beri izin jalan masuk dari aplikasi ini. Dengan mengaktifkan Floating Bubble-nya, teman sanggup mengambil screenshoot tanpa menekan tombol apapun. Tetapi, walaupun tidak tanpa Floating Bubble, teman juga sanggup melaksanakan screenshot ibarat biasa, otomatis akan muncul photo editor untuk memudahkan melaksanakan editing.

3. Mempercepat Android

Tidak perlu jalan masuk root untuk mempercepat Android yang nge-lag. Masuk ke Developer Options kemudian ubah semua angka Animation Scale-nya. 



4. Menjadi Developer

Walaupun teman ialah seorang konsumer, Google menyediakan jalan masuk kalau ingin bertindak sebagai Developer. Dengan masuk ke Developer Options, tentunya banyak yang sanggup teman lakukan kalau masuk ke Developer Options.



5. Mengandalkan Google

Salah satu keistimewaan Android ialah semuah sistemnya didukung oleh Google. Wajar saja kalau Android memang dikembangkan oleh Google. Maka dari itu, ada baiknya teman gunakan semua layanan dan aplikasi yang dikembangkan oleh Google.

Gunakan aplikasi Gmail untuk mengirim dan mendapatkan email, Youtube untuk streaming, Photos untuk aplikasi Galeri, Play Musik untuk memutar musik, Google Keep untuk menciptakan catatan/memo, dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Biasakan Multitasking

Jika teman sedang membuka aplikasi atau ingin berpindah ke aplikasi lain yang telah dipakai sebelumnya, coba gunakan tombol Recent Apps. Hal ini akan mempercepat waktu daripada harus keluar terlebih dahulu kemudian mencari aplikasi tersebut.


Selain itu, teman juga sanggup memakai aplikasi lain semoga sanggup menonton video sambil tetap menjalankan aplikasi yang lain ibarat chatting atau browsing.

7. Mengubah Tampilan Android

Agar tampilan Android tidak membosankan, gunakanlah aneka macam aplikasi launcher terbaik yang terdapat pada Google Play Store. Dengan memakai launcher, tampilan homescreen Android teman sanggup diubah sesuai selera tanpa harus mengganti ROM-nya.

8. Akses Cepat ke Kamera

Google secara default menyediakan jalan masuk cepat ke kamera dari tampilan lockscreen Android. Jadi, teman sanggup dengan cepat membuka kamera dengan jalan masuk ini. Hal ini tentu akan mempermudah daripada harus mencari aplikasi kamera dari sekian banyaknya aplikasi yang diinstal.

9. Menggunakan Google Search

Gunakanlah widget Google Search yang telah disediakan pada Android. Sobat sanggup mencari aneka macam hal yang ada di Android teman dengan mudah. Dimulai dari aplikasi, kontak, file, musik, video, maupun browsing.

10. Pahami Aplikasi yang Diinstal

Semua aplikasi di Android tentunya membutuhkan jalan masuk ke sistem supaya aplikasinya berjalan dengan lancar. Ada aplikasi yang membutuhkan jalan masuk ke kontak, lokasi, SMS, kamera, dan sebagainya.


Selalu baca jalan masuk apa saja yang diharapkan aplikasi dikala ingin menginstalnya. Jika tidak berhati-hati, sanggup jadi aplikasi tersebut ialah aplikasi untuk mencuri data langsung melalui virus/malware yang telah disimpan pada aplikasi tersebut.

11. Menentukan Aplikasi Default

Dengan banyaknya aplikasi yang diinstal pada Android, niscaya ada banyak aplikasi yang mempunyai fungsi sama. Untuk itu, tentukan aplikasi default yang berdasarkan teman sangat nyaman untuk melaksanakan kiprah tertentu.

12. Mengaktifkan Fitur Battery Saver

Untuk langkah awal semoga baterai smartphone Android teman lebih hemat, teman sanggup mengaktifkan fitur Battery Saver. Fitur ini memungkinkan untuk menghemat baterai Android ketika baterainya hampir habis. Atur saja pada sisa baterai berapa persen fitur ini akan otomatis aktif.



13. Pantau Penggunaan Data Seluler

Tidak usah takut kalau kuota sekarat. Pantau saja pemakaian kuota internet Android melalui Settings > Data Usage. Lalu lihatlah pemakaian data di jaringan mobile dan WiFi.


14. Disable Aplikasi yang Jarang Digunakan

Semua smartphone Android niscaya hadir dengan bloatware atau aplikasi bawaan, kecuali Nexus dan Android One. Agar tidak membebani sistem, teman sanggup disable aplikasi tersebut dengan cara masuk ke hidangan Settings > Apps, lalu cari aplikasi yang ingin di disable.

15. Akses Cepat ke Menu Settings

Android tentunya dibekali dengan panel khusus untuk menampilkan notifikasi. Pada panel notifikasi tersebut, teman sanggup menemukan jalan masuk cepat ke aneka macam hidangan yang ada di Android. Bukan hanya jalan masuk cepat ke pengaturan khusus, teman juga sanggup masuk ke hidangan Settings melalui panel notifikasi ini.


Itulah beberapa tips Android semoga teman lebih jago lagi dalam memakai smartphone Android. Tentunya dengan tips ini, teman tidak perlu root untuk mengubah atau utak-atik smartphone Android.

0 Response to "Tips Android Yang Wajib Diketahui Pengguna Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel