-->

5 Hal Ini Lebih Memilih Kualitas Foto, Bukan Megapixel-Nya!

- Seiring berkembangnya teknologi mobile first, banyak teknologi lain yang mulai diadaptasikan dalam sebuah smartphone, salah satunya yakni kamera.

Apakah teman termasuk orang yang suka mengabadikan foto memakai kamera smartphone untuk diunggah di Instagram atau di media umum lainnya? Jika iya, niscaya teman pernah memperhitungkan besarnya megapixel kamera dari suatu smartphone. Tapi tahukah sobat, bahwa besarnya megapixel pada kamera itu bukan segalanya dalam menentukan kualitas foto?

Nah, untuk teman yang suka eksis di media sosial, niscaya sangat puas kalau foto yang dibagikan di Instagram banyak disukai orang. Agar foto yang akan dibagikan mempunyai hasil yang bagus, penting bagi teman untuk melihat 5 hal berikut ini ketika akan menentukan smartphone.

5 Hal yang Menentukan Kualitas Foto

1. Sensor


Sensor yang dibawa oleh kamera smartphone mempunyai kiprah yang lebih penting dibandingkan megapixel. Semua megapixel diharuskan masuk ke dalam sensor, maka kalau ukuran sensornya kecil, megapixel-nya juga harus kecil. Jika megapixel tidak sesuai dengan ukuran sensornya, maka foto yang dihasilkan akan penuh dengan gradasi atau noise.

Sebagai contoh, kamera dengan resolusi 12MP, karenanya bisa lebih manis daripada kamera dengan resolusi 20MP kalau ternyata memakai ukuran sensor yang sama.

2. Lensa (Aperture)


Selalu perhatikan jenis lensa yang selalu dibawa pada kamera smartphone. Kualitas lensa menentukan cahaya yang masuk ke dalam sensor untuk menangkap gambar. Jika teman termasuk orang yang suka mengabadikan gambar di malam hari, maka wajib untuk menentukan smartphone mempunyai bukaan lensa/aperture besar. 

Kamera smartphone yang mempunyai ukuran f/1.7 bisa menangkap cahaya lebih banyak dibandingkan f/1.8, sehingga akan menciptakan pengalaman berfoto di malam hari semakin memuaskan.

3. Autofocus


Akan terasa percuma mempunyai kamera dengan megapixel yang tinggi kalau tidak dibekali dengan autofocus yang baik, apalagi kalau tidak dilengkapi dengan autofocus. Auto focus sanggup menghasilkan gambar yang lebih tajam dibandingkan yang hanya mempunyai teknologi fixed focus.

Dan jangan lupa untuk mencari smartphone yang kameranya dibekali dengan OIS (Optical Image Stabilization) untuk menghasilkan foto yang manis tanpa harus khawatir kamera goyang, sehingga menghasilkan gambar yang buram.

4. Prosesor Pengolah Gambar


Pengolah gambar ini bertugas untuk memproses gambar yang diambil oleh kamera sesudah gambar ditangkap. Pada smartphone, pengolah gambar ini bergantung pada jenis chipset serta firmware bawaannya. 

Selain menghindari terjadinya overheat, chipset Exynos 8890 Octa menyajikan hasil pengolahan gambar yang lebih tajam dan memuaskan, dibandingkan dengan smartphone yang memakai chipset Snapdragon 810.

5. Resolusi (Megapixel)


Banyak orang percaya bahwa semakin besar megapixel, hasil fotonya akan semakin bagus. Padahal sebenarnya, megapixel hanyalah kumpulan pixel yang bisa ditampilkan oleh kamera smartphone. Semakin besar ukuran megapixel, akan semakin besar pula ukuran foto itu bisa dicetak. Namun pada kualitas foto, resolusi kamera hanyalah sebuah angka.

Besarnya megapixel pada kamera yang dibawa oleh smartphone memang menjadi ladang promosi yang sangat menggiurkan. Namun, pilihlah smartphone yang dibekali kamera dengan lensa dan sensor yang baik, autofocus yang cepat, dan prosesor pengolah gambar terbaru. Sehingga menjanjikan hasil foto yang maksimal, alasannya yakni besarnya megapixel pada kamera smartphone bukanlah segalanya dalam menentukan kualitas foto.

0 Response to "5 Hal Ini Lebih Memilih Kualitas Foto, Bukan Megapixel-Nya!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel