-->

Cara Membedakan Kartu Memori Orisinil Atau Palsu

- Saat membeli smartphone atau perangkat portable baru, teman mungkin akan mencari tahu, apakah smartphone tersebut mendukung SD Card atau tidak. SD Card atau dikenal juga dengan Memori Eksternal atau pun Kartu Memori ialah perangkat penyimpanan data komplemen yang dipakai pada perangkat portable.

Tapi tahukah sobat, bahwa ada macam-macam SD Card? Dari mulai tingkatan kecepatan transfer data, sampai adanya SD Card orisinil dan palsu. Tahukah sobat, bagaimana caranya untuk membedakan SD Card yang orisinil dengan yang palsu?

Mengingat betapa pentingnya fungsi SD Card pada perangkat smartphone, maka teman harus mengetahui lebih jauh perihal SD Card. Kali ini aku akan mengatakan tips untuk membedakan SD Card orisinil dengan yang palsu.

2 Cara untuk Membedakan SD Card Asli dan Palsu

Sebelum kita membahas lebih jauh, ada baiknya teman mengetahui terlebih dahulu macam-macam SD Card. SD Card (Secure Digiral Card) pada perkembangannya telah dibedakan menjadi 3 macam, yaitu:

1. SD Card


Bisa dibilang ini ialah SD Card pertama, SD Card ini untuk tahap selanjutnya menjadi paling universal sebab bisa memakai adapter untuk kartu memori tahap selanjutnya.

2. Mini SD


Jika pernah memakai handphone zaman dulu, teman mungkin sudah familiar dengan SD Card yang satu ini.

3. Micro SD


Ini ialah jenis SD Card yang paling terbaru dan banyak dipakai pada smartphone masa kini. Ukurannya yang kecil memudahkan untuk dibawa, dan sanggup dihubungkan ke perangkat lain yang memakai SD Card dengan adapter.

Setelah teman mengetahui macam-macam SD Card di atas, maka kita lanjutkan ke tahap selanjutnya. Yaitu membedakan SD Card yang orisinil dengan yang palsu.

1. Membedakan dari Fisiknya

Secara fungsi, SD Card yang orisinil dan palsu tidak ada bedanya, sama-sama bisa dipakai untuk menyimpan data. Hanya saja, SD Card palsu sering mengalami problem dikemudian hari, ibarat data yang sering corrupt, transfer data lambat, dan sering tidak bisa terbaca oleh smartphone.

Adapun cara untuk membedakannya secara fisik ialah dengan menilik apakah memakai nama cetakan merek dipermukaannya atau dengan memakai stiker. Kartu memori yang orisinil biasanya memakai cetakan pada permukaannya bukan memakai stiker yang ditempelkan.


Adapun kalau memakai stiker, itu untuk menyebabkan hologram. Di bawahnya tetap akan menemukan cetakan nama mereknya.

BACA JUGA:
Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak dan Tidak Terbaca

2. Membedakan Melalui Aplikasi

Cara yang kedua ini ialah dengan memakai aplikasi yang telah terinstal di smartphone. Aplikasi tersebut ialah SD Insight, sebuah aplikasi yang dipakai untuk menilik SD Card yang dipakai orisinil atau palsu.

Aplikasi ini akan mengatakan info seputar kartu memori yang digunakan. Nantinya, teman bisa mengetahui apakah kartu memori yang dipakai orisinil atau palsu.

Caranya, cukup instal SD Insight di smartphone sobat. Selanjutnya, teman bisa mulai memakai SD Insight untuk mengetahui data dari perangkat SD Card yang digunakan. Berikut ini ialah fitur yang diberikan oleh SD Insight:
  1. Membaca info SD Card yang digunakan. Cocokan info tersebut pada kemasan dan nota pembelian. Ingat! Perhatikan tanggal pembuatan dan produksinya. Perhatikan juga nomor model dan serial nomornya. Jika tidak ada kesamaan, maka keaslian kartu memori tersebut wajib dipertanyakan.
  2. Membaca info memori internal smartphone sobat.

Menariknya, kalau ternyata kartu memori yang dipakai palsu, maka SD Insight tidak akan bisa menampilkan data dari SD Card yang digunakan. Bisa juga hal itu terjadi sebab kartu memori yang dipakai tidak terdaftar. Tapi demi keamanan, alangkah baiknya selalu memakai SD Card yang terdaftar.

Untuk berjaga-jaga semoga tidak mendapat kartu memori palsu, selalu bertanya kepada penjual. Jika penjual memperlihatkan dengan harga murah, sebaiknya tanyakan lebih detail dan mintalah garansi minimal 1 bulan. Karena nantinya kartu memori tersebut akan dipakai untuk menyimpan data yang berharga, bukan? Tidak lucu kalau ternyata kartu memori yang teman miliki ternyata cepat rusak dan bisa-bisa teman kehilangan semua datanya.

0 Response to "Cara Membedakan Kartu Memori Orisinil Atau Palsu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel