-->

Cara Menghilangkan Virus Di Android Tanpa Antivirus

- Android memang populer rentan terhadap serangan virus dan malware yang disisipkan pada aplikasinya. Hal ini bukan sebab adanya santunan terhadap akomodasi dalam menciptakan aplikasi, tetapi juga tidak ketatnya keamanan persyaratan dan seleksi aplikasi di Play Store sendiri. Menggunakan antivirus sanggup saja menjadi solusinya, tapi bagaimana kalau virusnya disematkan pada aplikasi Antivirus tersebut? 


Melakukan factory reset selalu disebut sebagai cara ampuh untuk menghilangkan virus di Android, tapi resikonya sahabat akan kehilangan semua data yang terpasang di Android. Bisa saja sih di install kembali, tapi apakah sahabat sanggup menjamin aplikasi itu tidak ada virus?

Maka dari itu, perlukah smartphone kita di install aplikasi antivirus? Itu tergantung pada diri sendiri. Tapi kalau sahabat ingin tau dengan ada atau tidak adanya virus di smartphone sobat, sahabat sanggup memakai cara di bawah ini.

Cara Menghilangkan Virus Tanpa Antivirus di Android

1. Masuk Safe Mode

Masuk ke Safe Mode akan memungkinkan Android sahabat untuk beroperasi lebih ringan, sebab hanya menjalankan aplikasi inti yang dibawa oleh sistem. Saat berada di Safe Mode, aplikasi yang di install akan hilang. Tapi tenang, aplikasi tersebut bukan hilang selamanya, hanya sementara ketika berada di Safe Mode saja. Kaprikornus ketika di Safe Mode, sahabat sanggup leluasa berpindah antar sistem aplikasi tanpa kendala, dan juga memudahkan sahabat untuk mengecek atau membersihkan file-file tidak penting, menyerupai file cache.


Cara untuk masuk ke Safe Mode di Android berbeda-beda. Namun, rata-rata memakai kombinasi tombol Power dan Volume ketika proses booting. Jika masih bingung, silahkan cari di Google Search memakai keyword "Safe Mode (tipe Android yang digunakan)".

2. Cek Aplikasi di Safe Mode


Saat berada dalam Safe Mode, silahkan cek aplikasi yang terinstall. Sistem akan menghilangkan semua daftar aplikasi pihak ketiga di Safe Mode. Tetapi sebab virus termasuk ke dalam sistem, maka virus akan terlihat sebagai aplikasi pihak ketiga namun sanggup menjalankan fungsi sistem. Jika Android sahabat terinfeksi oleh virus, maka akan muncul aplikasi ajaib yang tidak pernah di install oleh sobat.

3. Hapus Aplikasi Mencurigakan Tersebut


Jika sahabat menemukan aplikasi mencurigakan tersebut, sahabat hanya klik aplikasi tersebut kemudian pilih Uninstall. Pada satu kasus, sahabat mungkin menemukan aplikasi tersebut namun tidak sanggup di uninstall sebab aplikasi tersebut telah memperlihatkan susukan administrator.

4. Hapus Akses Administrator Aplikasi Asing


Setelah menemukan aplikasi ajaib yang tidak sanggup di uninstall, sahabat hanya perlu menghapus susukan administrator-nya. Caranya, masuk ke Settings > Security > Device Administrator, kemudian hilangkan susukan direktur aplikasi tersebut. Kembali lagi pada aplikasi tersebut, kemudian lakukan lagi uninstall. Seharusnya sahabat sudah sanggup menghapusnya.

Setelah semua cara di atas dilakukan, sahabat hanya perlu keluar dari Safe Mode. Caranya, sahabat hanya perlu melaksanakan Restart seperti biasa.

Nah, gampang bukan untuk menghapus virus di Android tanpa memakai Antivirus? Namun sebelum melaksanakan langkah-langkah di atas, ada baiknya sahabat melaksanakan back-up data dan aplikasi yang dirasa penting untuk berjaga-jaga.

0 Response to "Cara Menghilangkan Virus Di Android Tanpa Antivirus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel