-->

Trik-Trik Microsoft Word Yang Berkhasiat Untuk Menuntaskan Kiprah Kamu

- Siapa sih yang tidak mengenal Microsoft Word? Salah satu aplikasi pengolah kata besutan Microsoft ini mempunyai kegunaan untuk mengetik tugas, skripsi, atau pun yang lainnya. Sobat juga tentunya sudah mengenal Microsoft Word ini sehari-hari.


Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau juga Word yaitu perangkat lunak pengolah kata andalan Microsoft. Terdapat juga banyak versi pada Microsoft Word, namun yang sering digunakan oleh kebanyakan orang yaitu versi Microsoft Word 2003, Microsoft Word 2007, Microsoft Word 2010, dan Microsoft Word 2013. Namun, rata-rata orang yang memakai Microsoft Office yaitu pada versi 2007 dan 2010.

Nah, untuk teman yang sedang mengerjakan tugas, terutama untuk anak kuliahan yang sedang mengerjakan skripsi, teman harus mengetahui beberapa trik aba-aba di bawah ini yang terdapat pada microsoft word untuk memudahkan pekerjaan sobat. Apa saja itu?

1. Find and Replace

Trik pertama ini tentunya sudah sangat familiar yang berfungsi untuk menemukan semua kata yang salah dan mengoreksinya secara cepat dan otomatis. Hanya dengan memakai sajian Find and Replace, teman tidak perlu lagi mengganti kata yang salah satu persatu. Tentunya itu akan memakan waktu yang usang dan capek, apalagi halamannya banyak.


Cukup pencet saja Ctrl + H, maka tampilan Find and Replace pun akan muncul. Masukkan kata yang ingin dikoreksi pada kolom yang tersedia. Pilih Find Next untuk melihat kata tersebut, Replace untuk mengubah kata tersebut, dan Replace All untuk mengubah semua kata.

2. Scrolling

Ketika sedang mengerjakan kiprah yang panjang, ada jalan pintas semoga teman tidak usah capek-capek scrolling. Gunakan saja shortcut Shift + F5, dengan begitu teman sanggup loncat-loncat pada diantara bagian-bagian paling aktif pada kiprah sobat.


3. Hyperlink

Jika ingin menambahkan hyperlink pada teks tertentu, abaikan dulu untuk membubuhkan hyperlink tumpuan dengan Insert > Hyperlink. Gunakan cara yang lebih cepat, yaitu dengan memakai shortcut Ctrl + K.


4. Huruf Kapital 

Untuk mengubah teks menjadi abjad kapital/besar, tidak selamanya harus memakai Caps Lock. Gunakan saja Ctrl + Shift + A


Shortcut tersebut akan otomatis mengubah teks yang di blok menjadi abjad kapital/besar. Disisi lain shortcut tersebut sanggup digunakan sebaliknya, yaitu mengubah abjad kapital menjadi kecil.

5. Portrait dan Landscape dalam satu halaman


Tentukan dulu halaman atau paragraf yang ingin diatur menjadi Portrait atau Landscape. Kemudian klik Page Layout > Page Setup > Margins > Custom Margins, kemudian pilih Portrait atau Landscape. Pada pilihan Apply to, pilih Selected Text.


Cara ini juga sanggup dilakukan dengan cara klik Page Layout > Section Breaks. Selain untuk orientasi halaman, kedua cara ini juga sanggup digunakan untuk pengaturan nomor halaman dokumen skripsi atau buku.

6. Membuat Format Berbeda Secara Otomatis


Biasanya, ada format tertentu ketika menulis skripsi yang diwajibkan dosen atau fakultas. Tapi, niscaya sulit kalau harus menciptakan format sama terus-menerus per serpihan dan dibentuk manual.

Jangan khawatir! Mulai sekarang, teman sanggup menciptakan template-nya. Klik Home, pada serpihan Styles klik tanda panah ke bawah untuk menciptakan template sendiri atau cari New Style. Dari paragraf, indent, rata kiri kanan, hingga font semuanya sanggup diatur ketika itu juga.

7. Mengatur pilihan "Paste" untuk memudahkan ketika menulis tumpuan URL dan tidak otomatis menjadikannya Hyperlink


Perintah Paste ternyata sanggup diatur, loh! Jadi, teman tidak perlu kerepotan ketika copy paste URL kedalam kiprah dan sanggup menyesuaikan formatnya sesuai selera. Klik tombol logo Office (kiri atas) > Word Options > Advanced.

Jika sudah, seharusnya teman sanggup melihat pilihan Cut, Copy, Paste. Langsung saja atur sesuai keinginan.

8. "Full Justification Formatting", semoga kiprah atau skripsi terlihat rapi, formal, dan profesional


Agar rata kiri kanannya benar-benar sempurna, profesional, dan formal, klik logo Office > Word Options > Advanced > Layout Options. Lalu mulailah mengaturnya dari sini.

9. Cut Paste Banyak Item


Enak ya kalau sanggup menentukan beberapa paragraf acak dari sejumlah dokumen, kemudian paste di satu file sekaligus? Ternyata ini ada caranya, namanya SPIKE.

Blok kata yang ingin di Cut dan tekan Ctrl + F3. Blok serpihan yang lainnya lagi dengan cara yang sama. Jika ingin mengembalikan atau Undo Spike yang terakhir, cukup tekan Ctrl + Z.

Jika dirasa cukup, paste-kan dengan Ctrl + Shift + F3. Semua yang di Cut akan tampil rapi di file baru.

10. Mengatasi hilangnya atau kerusakan dokumen


Klik File > Open atau sanggup dengan shortcut Ctrl + O, kemudian pilih file yang rusak dan pilih command Recover Text from Any File pada serpihan daftar tipe file (kanan bawah).

Nah, itu tadi yaitu beberapa tools shortcut untuk memudahkan dalam menciptakan kiprah atau skripsi semoga tidak memakan waktu banyak ketika mencari menu-menu pada Microsoft Word yang begitu banyak. Bagaimana, gampang bukan? Semoga bermanfaat!

0 Response to "Trik-Trik Microsoft Word Yang Berkhasiat Untuk Menuntaskan Kiprah Kamu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel